Selamat Datang Di Blog Saya, Semoga Artikel ini Bermanfaat Bagi Anda...Terima Kasih
topbella

Kamis, 28 April 2011

Bab >>> DOSA DOSA BESAR

Pengertian Dosa Besar adalah sesuatu yang bergetar dalam jiwa dan kita tidak suka apabila hal tersebut diketahui orang lain, sebagaimana dinyatakan Rasulullah saw. dalam sabdanya:

CONTOH DOSA BESAR

1. Syirik
Syirik berasal dari kata asyraka-yusyriku-syrikan yang artinya syarikat atau sekutu. Pengertian syirik menurut istilah ilmu tauhid adalah perbuatan mensyarikatkan atau menyekutukan Allah swt. Dengan sesuatu selainnya. Orang yang melakukan syirik disebut dengan musyrik.
Syirik merupakan dosa yang paling berat karena pelakunya tidak akan memperoleh ampunan Allah apabila sebelum wafat ia tidak bertobat dengan tobat nasuha.

2. Durhaka Terhadap Kedua Orang Tua
Orang yang paling banyak jasanya dan paling dekat dengan kita adalah kedua orang tua, yaitu bapak dan ibu. Durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar. Perbuatan yang termasuk di dalamnya, antara lain membentak, menghardik, berkata yang tidak sopan atau berkata yang sifatnya meremehkannya, dan menyakiti hati atau perasaan orang tua.
Islam mengajarkan agar seorang anak berkata sopan dan lemah lembut kepada kedua orang tuanya.
Anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya akan mendapat murka Allah.

3. Bersaksi Palsu
Kata saksi atau syahadah diambil dari kata musyahadah yang berarti melihat dengan mata kepala.
Pengertian saksi menurut istilah ialah pemberitahuan seseorang tentang apa yang dia ketahui dengan lafal' aku menyaksikan' atau aku telah menyaksikan' (asyhadu atau syahidu).
Tidak halal bagi seseorang untuk bersaksi, kecuali apabila ia benar-benar mengetahui. Pengetahuan itu diperoleh melalui penglihatan atau pendengaran atau ketenaran dalam kasus yang pada umumnya sulit untuk diketahui, kecuali melaluinya. Ketenaran atau istifadah adalah kemashuran yang membuahkan dugaan atau pengetahuan.

4. Sihir
Sihir menurut bahasa adalah mengalihkan. Menurut Ibnu Faris dalam kitab Al Misbah Al Munir, sihir adalah memperlihatkan kebatilan dalam bentuk hak (kebenaran). Dalam Mu'jam Al Wasith yang ditulis oleh Ibrahim Mustafa disebutkan bahwa sihir adalah sesuatu yang memakai cara lembut dan halus.

5. Mencuri dan Merampok

a. Mencuri
Mencuri adalah mengambil harta orang lain dengan jalan sembunyi-sembunyi atau diam-diam. Mencuri merupakan dosa besar dan wajib dihukum, yaitu dengan cara dipotong tangannya. Apabila seseorang mencuri untuk pertama kalinya, maka yang dipotong adalah tangan kanannya dari pergelangan tangan. Apabila ia mencuri yang kedua kalinya, maka yang dipotong adalah kaki kirinya dari ruas tumit. Apabila ia mencuri yang ketiga kalinya, maka yang dipotong adalah tangan kirinya. Dan apabila ia mencuri yang keempat kali, maka yang dipotong adalah kaki kanannya. Apabila ia masih juga mencuri, maka ia harus dipenjarakan sampai ia bertobat.

b. Merampok
Perbuatan merampok, yaitu suatu perbuatan tercela yang di dalamnya terdapat unsur pemaksaan, pencurian, dan perampasan memiliki akibat sangat berbahaya, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

6. Membunuh
Hak-hak paling utama bagi setiap manusia yang dijamin pula oleh islam adalah hak hidup, hak pemilikian, hak pemeliharaan kehormatan, hak kemerdekaan, hak persamaan, dan hak menuntut ilmu pengetahuan.

7. Riba dan Memakan Harta Anak Yatim
Memakan harta anak yatim hukumnya haram dan termasuk dosa besar. Banyak ayat Al-Qur'an yang menjelaskan kepada kaum muslim untuk membantu mengasuh dan mendidik anak yatim. Apabila anak yatim itu dianiaya, termasuk memakan hartanya, maka berdosalah orang yang menganiayanya sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an Surah Al-Isra ayat 34.

8. Lari dari Pertempuran
Apabila yang menjadi kaidah besar adalah salam (damai), sedangkan perang sebagai pengecualiannya, maka berarti menurut ajaran Islam perang sama sekali tidak dikenal dalam keadaan bagaimanapun, kecuali pada dua keadaan berikut.

9. Asusila
Asusila adalah perbuatan atau tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma atau kaidah kesopanan yang saat ini cenderung banyak terjadi di kalangan masyarakat, terutama remaja. Islam dengan Al-Qur'an dan sunah telah memasang bingkai bagi kehidupan manusia agar menjadi kehidupan yang indah dan bersih dari kerusakan moralitas.

10. Melanggar Hak Asasi Manusia
Masalah hak asasi manusia menjadi salah satu pusat perhatian manusia sedunia sejak pertengahan abad yang lalu. Kaum muslimin di seluruh dunia juga mempunyai perhatian yang sungguh-sungguh terhadap isu global ini.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
FITRI RIZAM .S.
lebih suka pelajaran B.indo,agama, soal nya belajar nya santai .
Lihat profil lengkapku
 
BERBAGI BERSAMA© DiseƱado por: Compartidisimo